Langsung ke konten utama

Sel Tumbuhan

Hello, what's up guys? Ini adalah post pertama di blog ku lho hehe.
Yuk, langsung aja bahas Sel Tumbuhan!
  •  Sel adalah organisasi kehidupan terkecil, karena sel memiliki kemampuan menjalankan fungsi kehidupan secara mandiri (Otonom). 
  • Sel terdiri dari membran sel, sitoplasma, dan inti sel. Bagian utama dari sel adalah membran/selaput sel yang bersifat semipermeabel atau selektif permeabel, sitoplasma yang berupa cairan kental, dan inti sel (Nukleus).

 PERBEDAAN SEL HEWAN DAN TUMBUHAN 




  •  Pada sel tumbuhan, masih ada bagian utama sel lainnya yaitu DINDING SEL yang menjadikan sel mempunyai bentuk tetap dan berfungsi mencegah kehilangan cairan berlebihan. Hal ini menyebabkan tumbuhan kaku dan bisa berdiri tegak.
  •  Di dalam sel tumbuhan terdapat KLOROPLAS, yaitu plastida yang emngandung klorofil (pigmen yang mempunyai peran dalam fotosintesis). Organel ini tidak terdapat pada sel hewan.
  •  Mitokondria yang berperan sebagai tempat fungsi respirasi sel berlangsung.
  •  Vakuola Berdenut yang mengatur tekanan osmotik dan sikulasi zat dalam sel.
  • Vakuola Makanan yang mencerna dan menyimpan hasil sintesis (misalnya glikogen).
  •   Badan Golgi (diktiosom pada sel tumbuhan), berfungsi sebagai alat ekskresi.
  •  Retikulum Endoplasma yang berfungsi mengatur serta menyusun zat-zat dalam sel, atau sebagai alat transportasi.
  • Plasmodesmata, yaitu juluran dari retikulum endoplasma yang memungkinkan adanya 'komunikasi dan hubungan' antarsel.
  • Sitoplasma berfungsi sebagai menyimpan bahan kimia yang penting dalam metabolisme sel.
  • Lisosom berfungsi dalam proses matinya sel-sel.
  • Ribosom sebagai tempat berlangsungnya sintesis protein.
  • Mikrotubula berfungsi sebagai penguat atau penyokong komponen struktural sel dalam sitoskeleton.
  • Nukleus (Inti Sel) berfungsi sebagai menjaga gen-gen/DNA yang ada pada sel dan mengontrol aktivitas sel engan mengelola ekspresi gen.   
Sekian dari saya, bila ada yang kurang kirim masukkan kalian di ranitaputria304@gmail.com atau tinggal komentar. Terimakasih semoga bermanfaat. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SISTEM EKSKRESI MANUSIA

SISTEM EKSKRESI MANUSIA 1.        Ekskresi : proses pengeluaran zat sisa metabolisme tubuh yang sudah tidak berguna lagi dan apabila tidak dikeluarkan akan meracuni tubuh. ·          Ginjal mengeluarkan urine. ·          Kulit mengeluarkan keringat. ·          Paru-paru mengeluarkan CO2 dan uap air. ·          Hati mengeluarkan empedu. 2.        Defekasi : proses pengeluaran zat sisa metabolisme tubuh melalui anus. 3.        Sekresi : proes pengeluaran zat sisa metabolisme tubuh yang dapat dimanfaatkan lagi. Contohnya enzim dan hormon. 4.        Organ ekskresi : a.        Ginjal (Ren) §   Bentuk : biji kacang merah §   Letak : kanan dan kiri tulang pinggang, dibawah diafragma. Ginjal sebelah kanan lebih rendah dari ginjal kiri karena di atas ginjal kanan terdapat hati. §   Warna : merah §   Fungsi : menyaring darah §   Di dalam ginjal terjadi 3 proses ekskresi : 1.        Filtrasi : penyaringan yang terjadi di glomerolus. Menghasilkan urin

Jaringan Tumbuhan

Hello, what's up guys?  W elcome to my blog. Ok guys kali ini aku mau bahas "Jaringan Tumbuhan". Langsung aja simak terus ya! Jaringan adalah sekumpulan sel yang memiliki bentuk, susunan, dan fungsi yang sama. Jaringan pada tumbuhan dikelompokkan berdasar perkembangan sel-sel pendukungnya, menjadi :   Jaringan Meristem (Jaringan Embrional) yang sel-sel pendukungnya terus bertambah dengan cara mitosis ( reproduksi sel dengan membelah diri secara teratur, dengan jumlah dan jenis kromosom yang sama dengan sel induknya Jaringan Permanen (Jaringan Dewasa) yang sel-selnya sudah tidak mampu membelah (tidak meristematik) dan sudah mengalami deferensiasi. Jaringan Meristem terdiri atas : Meristem Apikal (ujung akar, cabang, dan batang). Meristem Aksilar / Interkalar yang berada diantara jaringan permanen (pangkal dan ruas batang) Meristem Lateral yang sejajar dengan permukaan (kambium)   Jaringan Permanen terdiri dari : Jaringan Epidermis